http://clipartix.com/library-clipart/

Membangun Librarinesia Sebagai Gerakan Indonesia Peduli Perpustakaan

Librarinesia merupakan gabungan dari kata Library yang mengandung arti perpustakaan dan Indonesia yang merupakan nama dari negara kita tercinta. Librarinesia adalah program yang di rancang untuk membangun semangat masyarakat Indonesia supaya lebih tergerak dalam hal pengembangan diri melalui membaca sepanjang hayat. Ada beberapa hal dasar yang menjadi alasan mengapa Indonesia memerlukan program tersebut, antara lain :

  1. Data perkembangan perpustakaan di Indonesia yang di himpun melalui Perpustakaan Nasional mencatat bahwa Indonesia memiliki sebanyak 1.495.238 perpustakaan yang berdiri. Jumlah tersebut jelas sangat kurang di bandingkan dengan jumlah masyarakat Indonesia yang mencapai 280 juta jiwa, sehingga sangat sulit apabila ingin mewujudkan Indonesia gemar membaca yang merata di setiap wilayah. Untuk itu Librarinesia di harapkan dapat membawa perubahan dengan adanya pembangunan perpustakaan yang merata baik di lingkungan kota, daerah, maupun sekolah. Dalam upaya pembangunan perpustakaan yang berstandard nasional dan dikelolah secara profesional maka pemerintah siap dalam hal penetapan anggaran khusus untuk membangun perpustakaan yang merata di Indonesia.
  2. Perpustakaan Nasional sebagai Induk organisasi perpustakaan di Indonesia masih belum maksimal menjalankan peranannya dalam meratakan pembangunan perpustakaan dan gerakan budaya baca masyarakat, sehingga perlu adanya optimalisasi kinerja dari Perpustakaan Nasional dengan cara memberikan target besar kepada perpustakaan nasional dalam upaya membangun perpustakaan yang merata dan sesuai amanah dari UU No 43 Tahun 2007.
  3. Indonesia memiliki organisasi profesi pustakawan dan juga perguruan tinggi yang memiliki program studi ilmu perpustakaan yang memerlukan perhatian dari pemerintah. Indonesia memiliki sumber daya manusia yang berkompeten bidang perpustakaan, karena setiap tahunnya terdapat lulusan sarjana maupun diploma dari jurusan ilmu perpustakaan yang siap terjun dalam membangun perpustakaan. Para lulusan ini merupakan aset penting Indonesia dalam membangun bangsa yang gemar membaca sehingga pemerintah perlu menfasilitasi lulusan ilmu perpustakaan dengan memberikan lapangan pekerjaan terutama sebagai profesi pustakawan. Selain itu pemerintahan harus melakukan pengawasan dan memberikan ruang pada organisasi profesi pustakawan untuk bergerak dalam upaya pengembangan sumber daya manusia bidang perpustakaan sehingga organisasi profesi dapat berperan aktif dalam peningkatan kualitas perpustakaan.

Indonesia harus membangun masyarakat yang siap terutama dalam menghadapi tantangan globalisasi. Masyarakat di negara maju telah siap bersaing di iklim globalisasi karena mereka memiliki budaya dan kepedulian terhadap membaca, sementara negara-negara tetangga seperti singapura juga mulai membangun sebuah budaya masyarakat melalui peran serta perpustakaan. Indonesia harus berlomba dengan negara lain dalam hal membangun manusia indonesia yang lebih kompetitif melalui gerakan budaya baca masyarakat, untuk itu pemerintah pusat maupun daerah serta organisasi-organisasi sosial harus bersinergi dalam upaya mewujudkan Librarinesia. Pemerataan tidak hanya berbicara pada sektor ekonomi, kesehatan, maupun kebutuhan transportasi saja, namun hal terpenting bahwa masyarakat memerlukan fasilitas pendidikan sepanjang hayat dalam bentuk pembangunan perpustakaan yang berkualitas dan mampu menopang kemandirian masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan.

Sumber gambar dari clipartix.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *