Sekolah dan Perpustakaan : Dua Pilar Pembangun Budaya Bangsa

Sekolah dan Perpustakaan : Dua Pilar Pembangun Budaya Bangsa

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia.”.

Negara memiliki kewajiban untuk mencerdaskan bangsa, dan hal itu telah di tuangkan dalam UUD 1945 bab XIII tentang pendidikan dan kebudayaan. Dalam pasal 31 ayat 1 menjelaskan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan, untuk itulah pemerintah melalui satuan pendidikan melakukan pembangunan sekolah guna memberikan pendidikan yang layak kepada masyarakat. Sekolah sangat penting bagi masyarakat, karena institusi tersebut memberikan pengetahuan, pendidikan dan harapan masa depan yang baik bagi masyarakat khususnya anak-anak dan remaja. Sekolah memberikan bekal penting bagi generasi bangsa dalam membentuk karakter dan siap menghadapi persaingan era globalisasi. Sekolah juga menjadi tempat yang nyaman bagi generasi muda untuk berprestasi dan mengumpulkan bekal ilmu sehingga dapat digunakan untuk melangkah ke jenjang perguruan tinggi.

Selanjutnya adalah perpustakaan, lembaga ini memiliki peran penting bagi pendidikan bangsa. Jika sekolah berperan dalam memberikan tempat belajar selaman 12 tahun, maka perpustakaan berperan sebagai pusat pendidikan mandiri sepanjang hayat. Sebagai pusat pendidikan maka perpustakaan berkewajiban menyediakan informasi tepat guna dan berkualitas bagi masyarakat. Perpustakaan dikenal sebagai wilayah demokratis yang dapat dimasuki oleh setiap lapisan masyarakat sehingga setiap orang memperoleh hak yang sama saat berada di perpustakaan yaitu mendapatkan informasi berkualitas dan bernilai guna, memperoleh pelayanan yang baik, mendapatkan fasilitas nyaman, dan mendapatkan akses yang mudah. Keberadaan perpustakaan harus mulai diperhatikan karena lembaga tersebut merupakan sarana meningkatkan kecerdasan bangsa. Dalam UU No 43 Tahun 2007 pasal 1 menjelaskan bahwa perpustakaan merupakan institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka. Perpustakaan memiliki legalitas berupa undang-undang, oleh karena itu sangat penting bagi pemerintah, organisasi, perusahaan ataupun masyarakat untuk ikut berperan dalam pengembangan dan pemanfaatan perpustakaan secara optimal karena hal tersebut merupakan amanah undang-undang.

Sekolah dan perpustakaan tidak lepas dari kegiatan menulis dan membaca sehingga sudah seharusnya lembaga tersebut mulai memperhatikan kualitas sarana dan kegiatan yang mendukung program peningkatan keterampilan pada generasi muda. Perpustakaan dan sekolah harus mulai menanamkan pemahaman pada masyarakat bahwa kegiatan membaca dan menulis bukan hanya sekedar hobi melainkan sebuah aktifitas pokok yang harus dibudayakan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sekolah dan perpustakaan menjadi dua pilar penting dalam membangun budaya masyarakat, budaya yang dimaksud adalah membaca dan menulis (Reading and Writing Culture). Kedua budaya tersebut nantinya dapat memberikan perubahan terutama dalam meningkatkan pola pikir cerdas yang bermanfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan taraf hidup. Budaya menjadi elemen utama bangsa dalam membangun generasi baru yang mapan, budaya positif harus diterapkan di masyarakat oleh karena itu pemerintah dan masyarakat harus bekerjasama dalam upaya mewujudkan masyarakat berbudaya dan cerdas. Salah satunya adalah dengan menerapkan budaya baca dan tulis dari sejak dini sehingga diharapkan muncul generasi baru yang siap membawa perubahan besar bagi perkembangan bangsa dan negara. Instansi pendidikan harus siap bekerjasama dan memiliki pemikiran sejalan dalam upaya membangun perpustakaan berkualitas dan berjalan sesuai dengan tujuannya sehingga akan terciptanya kolaborasi ideal dalam upaya mencerdaskan generasi baru Indonesia berkualitas.

Sumber gambar : http://pineblufflibrary.org/kids-0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *