Panduan Menambahkan “Lokasi Rak” di Label Barcode pada Aplikasi Senayan

Kegiatan pengolahan koleksi yang dilakukan oleh pustakawan menjadi lebih mudah dengan adanya sistem otomasi perpustakaan. Salah satu sistem informasi yang laris digunakan di setiap perpustakaan adalah SLiMS merupakan perangkat open source yang berfungsi membantu proses manajemen administrasi perpustakaan berbasis web serta dilengkapi adanya sistem pencarian (OPAC) yang memudahkan pengguna dalam kegiatan temu kembali informasi. Kegiatan pengolahan koleksi berbasis SLiMS meliputi input data bibliografi (koleksi), inventarisasi, cetak katalog, cetak barcode, dan cetak label. Menu yang disediakan oleh SLiMS untuk menfasilitasi proses pengolahan koleksi sangat lengkap dan terlebih terus dilakukan pengembangan terhadap menu-menu baru yang bertujuan memberikan kemudahan bagi pustakawan dalam kegiatan pengolahan koleksi. Plugin baru terus dikembangkan dan dapat dipergunakan oleh pustakawan dalam mengupdate menu pada sistem otomasi Senayan yang digunakan, plugin tersebut dapat diakses pada link berikut : http://slims.web.id/goslims/.

Dari berbagai menu yang tersedia pada SLiMS terdapat satu komponen metadata yang menarik perhatian yaitu “Shelf Location”, komponen ini muncul pada saat pustakawan melakukan submit item setelah proses input buku dilakukan. Metadata ini berfungsi untuk memberikan informasi pada pengguna tentang keberadaan buku di dalam rak sehingga pengguna perpustakaan dapat dengan mudah menemukan kembali kolesi yang dibutuhkan.

Informasi tentang lokasi rak dapat sangat bermanfaat bagi pengguna apabila digunakan sehingga informasi tersebut dapat muncul di OPAC. Opsi lain yang dapat dilakukan adalah dengan menempelkan “lokasi rak” pada label buku sehingga pada saat cetak label menggunakan SLiMS keterangan tentang lokasi rak muncul bersamaan dengan nomer klasifikasi seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Dalam menampilkan “lokasi rak” pada label langkah yang harus dijalankan adalah sebagai berikut :

1. Download plugin “label barcode” pada situs SLiMS (atau dapat diunduh di Download plugin)
2. Ikuti panduan instalasi sesuai informasi yang tersedia di dalam folder plugin tersebut
3. Apabila instalasi yang anda lakukan sudah benar dan dapat dijalankan, maka langkah selanjutnya adalah menambahkan tampilan “site” pada halaman cetak label barcode seperti gambar berikut.

Untuk dapat menampilkan informasi lokasi pada halaman cetak label barcode maka anda harus menambahkan script pada file label_barcode_generator.php yang terdapat pada folder : …\xampp\htdocs\otomasi\admin\modules\bibliography. Buka file tersebut dengan menggunakan software pendukung seperti notepad++, dreamweaver, wordpad dll. Jika sudah terbuka maka cari script pada nomer 273 – 294 kemudian tambahkan pada nomer 278 script (item.site) berikut ini ;

‘index.title AS \”.__(‘Title’).’\”,’item.site AS \”.__(‘site’).’\”);

script (item.site) nomer 287,

‘biblio.title AS \”.__(‘Title’).’\”, ‘item.site AS \”.__(‘site’).’\”);

kemudian script nomer 293 tambahkan kata “site” sehingga menjadi seperti dibawah ini,

$searchable_fields = array(‘title’, ‘author’, ‘subject’, ‘class’, ‘callnumber’, ‘itemcode’, ‘site’)

jika sudah diubah segera di simpan (save),kemudian coba jalankan senayan anda dengan masuk pada menu “label barcodes printing”, apabila muncul informasi “site” maka anda berhasil.

4. Setelah berhasil menampilkan halaman site pada menu label barcodes printing maka langkah selanjutnya yaitu menampilkan “site” pada label yaitu dengan menambahkan script pada file label_barcode_generator.php seperti pada langkah diatas, jika sudah terbuka maka carinya script pada nomer 192 || $html_str .= ”; ||. Apabila sudah ditemukan langkah selanjutnya tekan enter 2X sehingga script nomer 192 naik ke nomer 194, kemudian pada nomer 192 tuliskan script berikut ini ;

$html_str .= ‘<div class=”item.site”> <div style=”font-size: 12pt; bold”>‘;

if ($sysconf[‘item.site’] && strlen($barcode[3]) > $sysconf[‘item.site’]) {
$html_str .= substr($barcode[3], 0, $sysconf[‘item.site’]).’…’;
} else { $html_str .= $barcode[3]; }
$html_str .= ‘

‘;

5. simpan file tersebut, kemudian jalankan menu label barcodes printing dengan mencetak beberapa data yang tersedia. Jika muncul lokasi rak pada label, maka anda berhasil.

6. konsultasikan dengan teman apabila mengalami kesulitan sehingga bisa dicari solusi terbaik.
7. selamat mencoba

Banyak yang dapat diekspolarasi dari aplikasi SLiMS sehingga dapat membantu pustakawan dalam kegiatan pelayanan di perpustakaan. Selain itu terdapat banyak komunitas SLiMS yang dapat membantu pustakawan dalam pengembangan skill ataupun mendapatkan ilmu baru terkait dengan pengembangan sistem otomasi. Semoga bermanfaat dan salam literasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *