BSE Corner : Partisipasi Perpustakaan Terhadap Layanan Pendidikan Gratis

Perpustakaan memiliki peranan penting dalam menumbuhkan kualitas pendidikan generasi bangsa, salah satu peran utama adalah melakukan distribusi informasi yang relevan dan berkualitas pada masyarakat. Perpustakaan sebagai lembaga penyedia jasa informasi dan pusat pengetahuan mengalami perubahan signifikan seiring perkembangan teknologi informasi, saat ini perpustakaan telah dilengkapi dengan adanya beberapa sistem baru berbasis teknologi salah satu fasilitasnya adalah otomasi perpustakaan. Sistem otomasi memberikan kemudahan bagi pemustaka dan pustakawan dalam menemukan kembali informasi di rak buku, selain itu fasilitas tersebut dapat diakses online sehingga memberi keleluasaan bagi masyarakat luar untuk mengakses informasi milik perpustakaan.

Dalam upaya meningkatkan efektifitas penggunaan perpustakaan bagi masyarakat, maka institusi harus membuat program-program inovatif dan fokus pada pemenuhan kebutuhan masyarakat. Salah satu program yang dapat dioptimalkan perpustakaan adalah dengan membangun layanan akses Buku Sekolah Elektronik (BSE) berbasis online. Layanan ini dapat dijalankan pada perpustakaan sekolah maupun perpustakaan daerah, salah satu tujuannya adalah untuk memberikan rujukan bagi masyarakat terutama pelajar sehingga proses pembelajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan dapat berjalan dengan lancar, program tersebut dapat memberikan kemudahan akses bagi pelajar untuk belajar secara gratis karena difasilitasi oleh perpustakaan.

Layanan BSE Corner merupakan salah satu program perpustakaan yang relevan dengan kurikulum sekolah, layanan ini dioptimalkan oleh perpustakaan untuk memberikan sumber informasi gratis bagi siswa dan guru berbasis online. Layanan BSE Corner memberikan kemudahan bagi siswa untuk menelusur buku paket yang dipublikasi secara gratis oleh pemerintah, layanan ini dibangun dengan tujuan menghubungkan pemustaka dengan laman online kemendikbud yang menyediakan buku BSE sehingga pemustaka dapat membacanya secara online. Adapun beberapa hal perlu diperhatikan dalam menjalankan layanan BSE Corner sehingga program ini dapat digunakan secara optimal oleh pemustaka adalah sebagai berikut ;

  1. Fasilitas komputer dan internet
    Perpustakaan perlu melakukan pengadaan komputer sebelum menjalan program layanan BSE Corner, komputer digunakan pemustaka sebagai media baca dan akses pada laman kemendikbud yang menyediakan buku elektronik. Pengadaan komputer harus memperhatikan faktor kenyamanan dan keamanan pemustaka, oleh karena itu komputer yang digunakan untuk layanan BSE Corner harus layak guna. Selain itu perpustakaan harus menyediakan jaringan internet yang menghubungkan perangkat komputer dengan laman website, jaringan internet harus memiliki koneksi yang bagus sehingga akses informasi dapat berjalan cepat dan tidak merugikan pengguna.
  2. Kebijakan akses
    Perpustakaan harus merancang kebijakan akses sebelum menjalankan program layanan BSE Corner, hal ini bertujuan untuk memberikan hak dan kewajiban bagi pemustaka sehingga penggunaan fasilitas dan layanan dapat dilakukan secara tepat guna. Kebijakan akses dibuat untuk menghidarkan dampak negatif penggunaan internet kepada pemustaka yang mayoritas pelajar sekolah, selain itu dengan adanya kebijakan maka perpustakaan dapat membuat aturan tegas terkait akses ke laman BSE dimana penggunaan laman hanya sebatas untuk membaca atau sekaligus memberikan kemudahan untuk mendownload buku elektronik tersebut.
  3. Pendampingan (Mentoring)
    Pustakawan yang berada di lingkungan perpustakaan sekolah dapat menjalankan program ini dengan menggandeng guru sebagai mentor bagi siswa selama menggunakan buku BSE online. Peran guru sangat penting karena berkaitan dengan proses transfer ilmu kepada siswa yang kesulitan memahami informasi yang diperoleh melalui buku BSE. Sedangkan peran pustakawan juga penting sebagai pendamping bagi siswa yang kebingungan menggunakan dan mengakses buku BSE, pustakawan juga berperan aktif dalam melakukan kontrol terhadap penggunaan internet yang tidak sesuai dengan aturan dari pihak perpustakaan. Pustakawan dapat menjalankan program pendidikan pemakai secara berkala bagi guru dan siswa sehingga seluruh civitas dapat mengetahui layanan BSE Corner sekaligus dapat menggunakannya secara optimal.
  4. Sosialisasi
    Program perpustakaan dapat berjalan optimal apabila pustakawan dapat melakukan sosialisasi pada para stakeholder. Program layanan BSE Corner di perpustakaan sekolah perlu disosialisasikan dengan pihak kepala sekolah, guru dan siswa. Sosialisasi dengan kepala sekolah bertujuan untuk memberikan gambaran spesifik tentang program layanan BSE Corner sehingga pemegang kebijakan dapat menyetujui dan mendukung program tersebut, sedangkan sosialisasi dengan guru dan siswa bertujuan memperkenalkan manfaat dari program layanan BSE Corner bagi pengembangan pendidikan siswa. Sementara itu program layanan BSE Corner di tingkat perpustakaan daerah dapat disosialisasikan langsung kepada masyarakat ataupun melalui media massa. Pengadaan program BSE Corner pada perpustakaan daerah bertujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat terutama pelajar yang menginginkan kenyamanan untuk mengakses buku BSE di luar jam sekolah.

Perpustakaan dibangun untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan, oleh karena itu sudah menjadi tugas perpustakaan memberikan layanan bagi masyarakat di bidang pendidikan yaitu dengan menyediakan informasi secara gratis dan berkualitas salah satunya dengan menyediakan akses Buku Sekolah Elektronik (BSE). Perpustakaan dapat menjadi penghubung bagi pemerintah untuk menyampaikan program BSE gratis yang dapat diakses secara online, salah satu upaya yang dilakukan perpustakaan adalah dengan memberikan fasilitas dan layanan yang nyaman dan aman bagi masyarakat.

Laman situs kemendikbud yang menyediakan buku sekolah elektronik dapat diakses melalui link berikut ini : BSE Kemendikbud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *