Data Sebaran Perpustakaan di Indonesia

Data Sebaran Perpustakaan di Indonesia

Perpustakaan merupakan topik hangat yang perlu dibahas, hal ini karena keberadaan perpustakaan sangat penting dengan alasan menjadi lembaga yang ikut andil dalam pemerataan budaya baca dan pencerdasan masyarakat Indonesia melalui kegiatan membaca yang merupakan pendidikan mandiri sepanjang hayat. Lalu ada berapa jumlah perpustakaan yang tersebar di seluruh Indonesia ? mengingat pembendaharaan jumlah perpustakaan penting diketahui karena Indonesia terdiri dari beberapa wilayah yang terpisah satu sama lain. Oleh karena ini keberadaan perpustakaan di setiap wilayah perlu diketahui sehingga pemerintah ataupun masyarakat luas dapat melihat sejauh mana kontribusi lembaga perpustakaan dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai institusi penyedia informasi sekaligus pusat ilmu pengetahuan.

Dari data tahun 2016 yang dihimpun melalui rapat koordinasi nasional bidang perpustakaan oleh perpustakaan nasional republik Indonesia (PNRI) ditemukan jumlah perpustakaan sebesar 157.585 perpustakaan di seluruh Indonesia baik negeri maupun swasta. Jumlah tersebut apabila dibagi meliputi ;
1. 497 institusi perpustakaan kabupaten/kota
2. 23.281 perpustakaan desa/kelurahan
3. 118.599 perpustakaan sekolah/madrasah negeri dan swasta
4. 2.428 perpustakaan perguruan tinggi negeri dan swasta
5. 9.000 perpustakaan khusus di sebuah instansi negeri dan swasta
6. 3.000 perpustakaan di tempat ibadah
7. 780 perpustakaan komunitas

Sementara itu jumlah pustakawan yang dilansir dari situs PERPUSNAS berjumlah 3.193 orang yang tersebar di seluruh Indonesia, dimana jumlah tersebut terdiri dari 2.985 pustakawan negeri dan 208 pustakawan swasta. Dari hasil data diatas maka dapat diterangkan jumlah pustakawan yang tersedia masih belum mampu menutupi kebutuhan perpustakaan yang jumlahnya jauh lebih besar dari pada total sebaran pustakawan.

Pengembangan perpustakaan dapat berjalan optimal apabila institusi tersebut memiliki pustakawan, hal ini karena pustakawan merupakan profesi terlatih dan profesional yang telah dibekali pendidikan bidang perpustakaan dari level teknis hingga manajerial. Keberadaan pustakawan sangat penting bagi perpustakaan mengingat profesi tersebut merupakan tonggak perubahan perpustakaan ke arah yang lebih baik, oleh karena itu menjadi tugas pemerintah untuk mulai mengatur kebijakan terkait kesejahteraan pustakawan, peluang karir yang jelas, dan melakukan pengawasan terhadap implementasi terhadap UU No 43 tahun 2007 tentang perpustakaan yang selama ini masih belum berjalan optimal sehingga diharapkan institusi/lembaga negeri ataupun swasta mulai membuka diri untuk menyelenggarakan perpustakaan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan amanah Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah. Selain itu peran institusi pendidikan yang menyelenggarakan program studi ilmu perpustakaan sangat diperlukan karena institusi tersebut menjadi pencetak utama bibit pustakawan baru. Institusi pendidikan perlu menerapkan kurikulum yang tepat dan disesuaikan dengan perkembangan jaman sehingga calon pustakawan memiliki hard skill dan soft skill yang seimbang, dimana kemampuan tersebut dapat digunakan sebagai modal untuk diterapkan pada perpustakaan.

Survei terhadap sebaran jumlah pustakawan sangat penting dilakukan pembaharuan mengingat masih cukup banyak pustakawan dan tenaga pustakawan yang belum terdaftar pada database perpusnas. Survei terhadap jumlah perpustakaan beserta sebaran pustakawan sangat diperlukan karena dapat digunakan untuk melihat peluang pasar terhadap calon pustakawan masih terbuka lebar mengingat setiap tahun institusi perguruan tinggi yang memiliki program studi ilmu perpustakaan selalu mencetak lulusan sarjana/diploma/magister bidang perpustakaan.

Referensi :
______, Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan Tahun 2016 : Perpustakaan di Indonesia telah Memperoleh Kemajuan Dalam Kuantitas Maupun Kualitas, diakses dalam http://perpusnas.go.id/2016/02/rapat-koordinasi-nasional-bidang-perpustakaan-tahun-2016-perpustakaan-di-indonesia-telah-memperoleh-kemajuan-dalam-kuantitas-maupun-kualitas/, tanggal 04 september 2017.

_____, Data Pustakawan, diakses dalam http://pustakawan.perpusnas.go.id/#, tanggal 04 september 2017.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *