Sistem Keamanan pada Website Perpustakaan

Sistem Keamanan pada Website Perpustakaan

Website atau lazim disingkat web adalah salah satu alat komunikasi online yang menggunakan media internet dalam pendistribusiannya. Halaman web layaknya sebuah buku yang dapat menampung berbagai informasi tentang banyak hal baik bersifat komersial maupun non komersial. Melalui media web inilah seseorang dapat memberikan informasi tertentu kepada orang lain yang berada di seluruh dunia. Web memiliki keunggulan-keunggulan, yaitu : Website merupakan media promosi yang terus berjalan sepanjang waktu, 24 jam/ 7 hari seminggu, kecuali jika terdapat gangguan teknis. Website merupakan media promosi yang dapat menjangkau seluruh dunia. Website membantu calon konsumen mengetahui produk dan layanan perusahaan dengan lebih jelas dibandingkan dengan media lainnya, karena website dapat menambilkan banyak informasi yang dibutuhkan dengan jelas.

Website perpustakaan dibangun untuk memberi pelayanan ekstra kepada pengguna. Website perpustakaan menyediakan banyak menu yang membantu penguna untuk mengetahui lebih banyak mengenai perpustakaan. Selain itu, website tersebut menyediakan layanan e-jurnal dan database lainnya. Menu utama yang dilayankan adalah profil perpustakaan, pencarian katalog, keanggotaan, layanan, Galeri, Peta Lokasi, dan Kontak kami. Terdapat pula link database online langganan dan e-jurnal yang disediakan bagi pengguna perpustakaan.

Website Perpustakaan menyediakan banyak informasi terkait dengan perpustakaan dan layanan yang diberikan perpustakan. Pada websitenya pengguna dibantu dengan pilihan menu yang disusun rapi dan tidak terlalu banyak teks di dalam beranda atau halaman awal website. Selain menyediakan menu utama, website Perpustakaan menyediakan navigasi lokal untuk membantu pengguna menemukan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan tepat. Selain itu ada Site map atau peta website adalah informasi yang berisi URL-URL yang ada pada situr web. Bukan hanya URL saja yang terdapat dalam site map, tetapi juga berisi metadata. Metadata ini merupakan informasi mengenai kapan terakhir di-update, seberapa sering website di-update, dan kapan situr di-update. Situs map menampilkan semua halaman yang dapat dikunjungi pengguna. Hal ini akan memudahkkan pengguna masuk secara langsung, tanpa harus melalui home page. Site map memungkinkan search engine menelusur ke dalam website.

Berdasarkan hal-hal tersebut diatas maka sangat penting adanya keamanan Sistem dalam website perpustakaan karena sistem informasi rentan terhadap gangguan keamanan, sistem yg dirancang bersifat “terbuka” (mis: Internet), Tidak ada batas fisik dan kontrol terpusat, Perkembangan jaringan (internetworking) yang amat cepat, Sikap dan pandangan pemakai, Aspek keamanan belum banyak dimengerti, Menempatkan keamanan sistem pada prioritas rendah serta Ketrampilan (skill) pengamanan kurang.
Keamanan website perpustakaan, sangat erat kaitannya dengan jaringan, karena untuk mengakses sebuah website pasti dibutuhkan koneksi jaringan. Saat ini sangat pesat sekali perkembangan teknologi website, jaringan dan bermacam ancaman keamanan yang dihadapi, seperti ancaman terhadap kerahasiaan yang sering dihadapi adalah hacker, Masquerader, virus – virus dari internet maupun dari media transfer data seperti flasdisk, hardisk eksternal, melalui jaringan LAN, download file tanpa proteksi, Trojan horse, Aktifitas user yang tidak terotorisasi dan masih banyak lagi ancaman keamanan yang kadang tidak kita sadari.

Berbicara keamanan webside perpustakaan, akan sangat luas cakupannya karena keamanan web mencakup semua aspek dari komputer, jaringan dan operating system hardware dan softwarenya. Operating system atau sistem operasi sangat banyak macamnya, yang populer seperti, Windows, Linux, Mac OS dll. Operating system pada umumya berfungsi sebagai perantara antara pengguna dengan hardware computer, mengontrol prosesor, dan memori sehingga dapat berjalan dengan baik dan mengatur kinerja hardware agar bekerja dengan baik.

Dari system operasi yang sudah ada dan di kenal akrab adalah windows, namun dari segi keamanannya windows bukanlah Operating System (OS) yang paling baik, karena windows sangat rentan terserang virus, file-filenya dapat mudah terserang virus, mudah hang/eror dalam programnya, dan dari system keaman jaringannya sangat lemah. Operating System (OS) yang paling baik dan sudah dikenal keunggulannya dari segi keamanan adalah linux, karena linux lebih stabil dibandingkan Operating System (OS) lain, serta linux proteksinya sangat baik karena virus sulit untuk menginfeksi file-file linux, dan awal linux dibuat memang untuk lingkungan multi user karena itulah linux mudah dikembangkan oleh distro – distronya. berbicara tentang jaringan erat kaitannya denga firewall yaitu sebuah system yang mengatur kendali untuk akses keluar dan masuk jaringan, oleh sebab itu firewall dapat digunakan untuk melindungi jaringan/ mengeblok lalu lintas jaringan.
Jaringan Komputer adalah sebuah kumpulan komputer yang saling berhubungan dan menggunakan protokol komunikasi baik itu software/ hardwarenya saling terkait satu sama lain, melalui sebuah media komunikasi sehingga terhubungnya program – program didalamnya, jaringan komputer penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, kabel LAN, PC server, PC client, modem, antena pemancar, wireless dan sebagainya.

Dari segi keamanan data, Jaringan Komputer dapat memberikan sebuah perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan tiap hak akses kepada para pemakai/ pengguna, serta teknik perlindungan terhadap harddisk/ flasdisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif. Namun itu semua tidak menjamin keamanan yang kuat karena saat ini seiring kecanggihan teknologi, semakin canggih teknologi yang dibangun, maka semakin canggih pula kemampuan untuk membobol proteksi pada sebuah komputer, saat ini kecanggihan hacker dan cracker juga semakin maju oleh karena itu, kita harus mengerti dan bisa memproteksi komputer kita sendiri agar terhindar dari virus ataupun ancaman keamanan data lainnya yang akan mengganggu kesetabilan dan data penting yang kita miliki.

Bagaimana Mengamankan Website Dari Serangan Hacker? Ada 4 cara untuk mencegah website perpustakaan di retas, yaitu:
1. Server/hosting terpercaya
Bisa menitipkan server ke pihak ketiga atau menggunakan shared hosting untuk website perpustakaan. Apapun pilihan yang dapat gunakan, selalu dipastikan bahwa mereka memiliki kualitas yang baik dalam sisi infrastruktur jaringan mereka.

2. HTTPS / SSL
Saat ini, hampir semua situs di sarankan untuk menggunakan jaringan SSL. Bagaimana mengetahui kalau website perpustakaan kita sudah menggunakannya atau belum? Ini bisa dilihat kalau URL anda https://domainanda.com atau https://domainanda.com Situs yang sudah memiliki SSL menggunakan https.
Cara lain untuk mengetahuinya adalah dengan melihat gambar gembok di bagian atas url website perpustakaan kita.

3. Update / Maintenance
Semua sistem yang ada di dunia mendapatkan pengkinian data secara berkala. Website di perpustakaan kita juga perlu melakukan hal tersebut. Kebanyakan perusahaan hosting akan melakukan update sistem mereka secara otomatis, jadi kita tidak perlu khawatir untuk sistem hosting perpustakaan kita. Kita juga perlu update secara berkala untuk sistem website yang kita gunakan. Kita juga bisa menggunakan jasa pihak ketiga untuk memperhatikan sistem perpustakaan kita dan membersihkan sistem apabila ditemukan kejanggalan. Kita bisa menggunakan Sucuri untuk menjaga kinerja dari website hosting. Sucuri akan menghapus virus/malware yang masuk ke dalam server secara berkala dan menginformasikan kalau ada update yang perlu dilakukan.

4. External Backup (Daily)
Melakukan ketiga hal di atas belum memastikan hosting perpustakaan kita aman. Kita tetap perlu melakukan backup secara berkala. Di sarakan setiap hari. Beberapa perusahaan hosting memberikan jasa ini sebagai tambahan dari paket yang kita pilih. Beberapa menambahkan sebagai nilai tambah perusahaan. Apapun pilihan kita, disarankan backup sebagai hal yang harus di gunakan. Apabila diperlukan, kia bisa mencari solusi backup lain.

Sumber gambar:
https://pagedesignweb.com/20-ways-to-increase-web-site-traffic-and-stickiness/

2 comments on “Sistem Keamanan pada Website Perpustakaan
  1. Cornelius Anjar berkata:

    Terima kasih atas informasinya.. sangat bermanfaat dan memberikan pencerahan kepada saya..

  2. Tri anggar Wati berkata:

    Artikelnya menarik, kita jadi lebih tau apa itu website perpustakaan, apa saja isinya dan manfaatnya, tidak ketinggalan juga dikupas mengenai bagaimana cara mengamankan website perpustakaan,,terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *