Peran Pemuda Dalam Kemajuan Perpustakaan (1)

Peran Pemuda Dalam Kemajuan Perpustakaan (1)

Perpustakaan memiliki peran penting dalam pencerdasan kehidupan bangsa, artinya perpustakaan berkewajiban ikut serta mencerdaskan masyarakat Indonesia sebagaimana yang diamanahkan Undang-Undang. Partisipasi utama perpustakaan adalah sebagai institusi pemberi fasilitas, sarana, prodak informasi dan pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan ilmu pengetahuan. Seiring perkembangan jaman perlahan perpustakaan mengalami transformasi yang signifikan, hal ini terlihat dari peningkatan kualitas layanan dan penggunaan teknologi informasi yang menunjang kinerja pustakawan dan memberikan kemudahan akses bagi masyarakat. Apreasiasi tinggi perlu diberikan pada pustakawan karena mulai bergerak aktif terciptanya pengembangan peran perpustakaan lebih baik.

Revolusi perpustakaan yang sedang berlangsung tidak lepas dari hadirnya peran pustakawan muda dengan konsep pemikiran baru yang inovatif dan kreatif. Pustakawan muda memberikan nilai positif bagi perkembangan perpustakaan karena kehadiran mereka mampu menjalankan visi baru perpustakaan jaman sekarang. Pustakawan muda harus mendapatkan ruang gerak untuk menjalankan visi perpustakaan, dukungan moril dari para senior sangat dibutuhkan mereka guna memberikan pengalaman sekaligus tuntunan bagi pustakawan muda untuk memajukan perpustakaan.

Keberadaan pustakawan muda mampu menghadirkan harapan baru bagi kemajuan perpustakaan, peran aktifnya dalam memberikan ide dan gagasan mampu menghidupkan kembali fungsi perpustakaan sebagai pusat informasi dan ilmu pengetahuan. Pentingnya peran pemuda sebagai seorang pustakawan sudah seharusnya mendapatkan apresiasi dan dorongan dari pihak manajemen, hal ini karena pustakawan mudah mampu memberikan perbedaan dalam menjalankan misi perpustakaan di era globalisasi dan teknologi informasi. Adapun peran pustakawan muda bagi perpustakaan dapat dilihat dari beberapa hal berikut ini ;

  1. Terciptanya kompetisi sehat antar pustakawan
    Adanya pustakawan muda memunculkan kompetisi di lingkungan perpustakaan, hal ini jelas berdampak terhadap pustakawan senior. Pustakawan muda membawa arus perubahan karena mereka memiliki gagasan dan ide baru bagi perkembangan perpustakaan. Kompetisi antar pustakawan akan muncul seiring adanya regenerasi pustakawan, hal ini akan sangat bermanfaat bagi pengembangan kinerja karena pustakawan dapat berlomba menunjukkan peran aktif mereka dalam mencapai tujuan perpustakaan.
  2. Meningkatkan branding perpustakaan
    Perpustakaan membutuhkan penampilan baru yang mampu menarik perhatian masyarakat untuk berkunjung, oleh karena itu perpustakaan perlu memberikan kesan pertama yang positif bagi masyarakat. Pustakawan muda memberikan garansi dalam meningkatkan branding perpustakaan, hal ini karena pustakawan muda memiliki inovasi dan kreatifitas dibidang pelayanan sehingga hasil pikiran mereka dapat dioptimalkan untuk kepentingan promosi. Selain itu pustakawan muda mampu menjadi pioner bagi perpustakaan untuk menarik minat masyarakat, oleh karena itu pustakawan muda harus energik, berpenampilan menarik dan memiliki komunikasi yang baik.
  3. Penerapan teknologi informasi dapat berjalan optimal
    Generasi muda sangat mengenal perkembangan teknologi informasi, hal ini tentunya harus disambut positif oleh perpustakaan dengan merekrut pustakawan muda. Perpustakaan membutuhkan perubahan seiring adanya perkembangan teknologi informasi, keberadaan pustakawan muda dapat sangat mendukung terciptanya perubahan tersebut karena mereka memiliki pengetahuan tentang teknologi informasi khususnya yang berkaitan dengan perpustakaan. Pustakawan muda mampu menyerap pengetahuan tentang teknologi informasi secara baik karena mereka telah memiliki kebiasaan sebagai generasi yang lahir bersamaan dengan datangnya pengaruh teknologi informasi.
  4. Membangun knowledge sharing antar pustakawan
    Keberadaan pustakawan muda dapat berperan dalam peningkatan transfer ilmu diantara pustakawan, hal ini jelas sangat membantu karena perpustakaan membutuhkan pustakawan yang memiliki pengetahuan luas dan mutakhir tentang pengembangan perpustakaan. Pustakawan senior dapat menyampaikan pengalaman serta keterampilan manajemen pada pustakawan muda, sebaliknya pustakawan senior dapat belajar tentang pengembangan ilmu perpustakaan dengan pustakawan muda sehingga diharapkan mampu menciptakan iklim kerja yang sehat di perpustakaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *