Peran Pemuda Dalam Kemajuan Perpustakaan (2)

Dalam rangka meningkatkan kemajuan perpustakaan pelibatan pemuda sangat dibutuhkan untuk mewujudkan pencapain tersebut. Dari sisi internal perpustakaan peran pustakawan muda sangat penting dalam mewujudkan kinerja manajemen. Pustakawan muda memberikan semangat untuk maju dan mendongkrak ide-ide brilian lahir dari setiap individu karena mereka terdorong adanya kompetisi yang tercipta akibat dari munculnya pustakawan generasi baru.

Peran pemuda tidak hanya fokus pada pustakawan muda, akan tetapi perpustakaan perlu melibatkan pemustaka muda untuk menjadi agen perubahan di masyarakat. Pemustaka sangat penting bagi perpustakaan karena mereka menentukan keberlangsungan perpustakaan di masa depan. Pemustaka merupakan kelompok masyarakat yang peduli perpustakaan dan selalu meluangkan waktu berkunjung ke perpustakaan dan memanfaatkan fasilitas dan layanan perpustakaan untuk kepentingan pemenuhan kebutuhan informasi dan ilmu pengetahuan. Sedangkan masyarakat yang belum pernah ke perpustakaan digolongkan sebagai pemustaka potensial yang perlu didorong dan diyakinkan untuk memanfaatkan perpustakaan. Disinilah pentingnya peran pemuda bagi perpustakaan karena mereka mampu mengajak pemustaka potensial supaya bersedia menggunakan perpustakaan.

Pemustaka muda harus dilibatkan perpustakaan untuk mempromosikan perpustakaan dan mengajak masyarakat datang ke perpustakaan. Oleh karena itu pemustaka muda perlu mendapatkan apresiasi atas komitmen mereka telah menggunakan perpustakaan, bentuk apresiasi sangat beragam tetapi yang paling penting adalah menjadikan mereka sebagai duta perpustakaan dan memberikan peran pada mereka sebagai pioner kemajuan perpustakaan. Pemustaka muda dapat menjadi brand ambassador bagi perpustakaan, mereka juga mampu diperankan sebagai public relation dengan memberikan tugas menyampaikan keunggulan perpustakaan yang menarik pada masyarakat.

Optimalisasi peran pemuda sebagai pioner perpustakaan harus diimbangi dengan komitmen perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan pemustaka muda sehingga mereka memiliki kepercayaan terhadap perpustakaan. Oleh karena itu beberapa komitmen perpustakaan perlu diperhatikan sebelum menjadikan pemustaka muda sebagai pioner kemajuan perpustakaan antara lain ;

  1. Adanya tujuan perpustakaan yang jelas dan terarah
    Tujuan perpustakaan harus jelas arahnya karena hal ini berkaitan dengan rencana strategis yang dibangun perpustakaan guna mewujudkan visi perpustakaan beberapa tahun ke depan. Pemustaka muda saat ini sangat kritis karena mereka terlahir dengan dikelilingi jutaan informasi dan teknologi yang memudahkan mereka untuk mendapatkan akses pengetahuan. Pemuda saat ini memiliki tuntutan yang sangat tinggi tetapi mereka juga memiliki ketertarikan terhadap sesuatu yang menarik untuk mereka raih. Oleh karena itu perpustakaan yang ingin memanfaatkan peran pemuda sebagai pioner perlu membuat tujuan menarik supaya pemuda tertarik untuk terlibat dalam mewujudkan rencana strategis perpustakaan. Salah satu contoh tujuan perpustakaan yang menarik adalah dengan menjadikan perpustakaan sebagai pusat pengetahuan yang mencetak generasi Indonesia cerdas tahun 2025.
  2. Adanya komitmen dalam memberikan apreasi
    Pemberian apreasi terhadap pemustaka muda hendaknya tidak hanya sekedar datang secara lisan, akan tetapi apresiasi perlu dibuktikan supaya pemuda memiliki kepercayaan terhadap janji yang diberikan perpustakaan. Pemberian apreasi terhadap jasa pemuda yang bersedia menjadi seorang pioner perpustakaan merupakan komitmen yang perlu dipegang oleh pihak perpustakaan. Oleh karena itu perpustakaan perlu membuat kebijakan yang jelas terhadap bentuk apresiasi yang akan diberikan pada para pemustaka muda yang telah berjasa memberikan peran mereka dalam kemajuan perpustakaan.
  3. Pembaharuan fasilitas dan prodak perpustakaan
    Salah satu harapan pemustaka saat berkunjung ke perpustakaan adalah mendapatkan fasilitas yang menarik, nyaman dan memuaskan selain itu mereka juga menginginkan adanya informasi yang relevan dan mutakhir artinya bahwa mereka ingin adanya pengadaan koleksi-koleksi baru yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Hal ini sangat penting dilakukan oleh perpustakaan karena dengan adanya fasilitas dan prodak perpustakaan yang menarik maka pemustaka muda dapat menyampaikan kesan positif pada masyarakat lain terhadap pengalaman yang mereka alami selama berada di perpustakaan.
  4. Pendampingan dan pelatihan
    Komitmen lain perlu diperlihatkan perpustakaan pada pemustaka muda yang ingin berperan bagi kemajuan perpustakaan adalah memberikan pendampingan dan pelatihan pada mereka. Pemustaka muda jelas membutuhkan pendampingan karena mereka memiliki kerakter yang berbeda satu sama lain, oleh karena itu pustakawan perlu mendampingin, melatih dan memberikan arahan guna membekali mereka dengan kemampuan berkomunikasi, memberikan motivasi dan pengenalan prodak supaya mereka siap menjadi duta perpustakaan.

Komitmen perpustakaan sangat diperlukan untuk menarik minat pemuda sebagai pioner kemajuan perpustakaan, pemuda juga perlu diberikan fasilitas untuk berkembang dan layanan yang baik dari pihak perpustakaan. Peran pemuda sangat penting karena mereka lahir sebagai generasi potensial yang telah mengenal informasi dan perkembangan teknologi sejak kecil. Oleh karena itu mereka memiliki modal untuk dijadikan sebagai pioner kemajuan perpustakaan karena pemuda dapat mengendalikan teknologi dengan cepat dari pada para senior mereka. Pemuda juga memiliki semangat untuk belajar karena mereka menginginkan adanya tantangan dalam pencapaian karirnya, untuk itu perpustakaan perlu mengoptimalkan bakat pemuda terutama dalam membantu terciptanya kemajuan perpustakaan dan agen untuk mengajak masyarakat lain mengunjungi perpustakaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *