Budaya Membaca

Apa sih budaya baca itu? Budaya membaca adalah suatu kebiasan yang didalamnya terjadi proses berfikir yang kompleks, terdiri dari sejumlah kegiatan seperti keterampilan menangkap atau memahami kata- kata atau kalimat yang tertulis.

Budaya membacapun sudah tidak asing lagi bagi masyarakat bahkan masyarakat awam sekalipun. Tetapi bagaimana dengan minat baca masyarakat Indonesia? Minat baca di Indonesia saat ini pada tingkat membaca yang sangat memprihatinkan. Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara untuk minat baca. Tetapi, kita sama-sama tau bahwa sebagian besar kegiatan kita sehari- hari merupakan kegiatan membaca. Contohnya saja saat kita melakukan chatting pasti kita akan membaca, dijalan ada banner atau spanduk secara tidak sadar kitapun akan membacanya. Namun yang dimaksud disini adalah tingkat membaca sebuah buku.

Tentu kita semua tau bahwa Buku merupakan jendela dunia, namun saat ini buku menjadi hal yang tabu bahkan mungkin akan menjadi fosil yang akan termakan oleh perkembangan zaman. Menumbuhkan minat baca sendiri memang susah- susah gampang, apalagi teknologi digital sekarang lebih canggih dan dapat menyuguhkan hal yang lebih menarik daripada membaca buku. Pada era modern saat ini perpustakaan harus mampu meningkatkan eksistensinya dalam menumbuhkan minat baca masyarakat pada semua kalangan tanpa terkecuali. Dengan adanya perpustakaan banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan untuk membangun minat baca. Contohnya saja, perpustakaan dapat mengadakan lomba mengarang atau menulis cerpen, membuat kliping, meresensi film, atau jika memungkinkan mengundang penulis buku favorit untuk bedah buku, dan masih banyak lagi contohnya. Dengan mengoptimalkan peran perpustakaan peluang tumbuhnya minat baca siswa akan semakin besar. Selain itu perpustakaan harus mampu meningkatkan sarana dan prasarana guna kenyamanan para pengunjung perpustakaan dan betah untuk berlama- lama di perpustakaan. Para pustakawan pun mempunyai peran penting dalam membimbing para pengunjung untuk mengetahui siasat atau cara agar membaca jadi lebih menyenangkan.

Jadi keberhasilan suatu perpustakaan dapat dinilai dari strategi atau cara- cara baru dalam upaya menumbuhkan minat baca dan tetap konsisten untuk menganjurkan budaya membaca, karena dengan begitu fungsi dari keberadaan perpustakaan akan terwujud dalam dunia informasi dan pengetahuan, serta cara pandang yang lebih maju. Dengan demikian perpustakaan dapat berotasi mengikuti perkembangan zaman.

Sumber gambar: google.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *