Peran Perpustakaan dalam Membina Minat Baca

Peran Perpustakaan dalam Membina Minat Baca

Perpustakaan, menurut saya keberadaan perpustakaan sangat penting, terutama bagi masyarakat. Karena kebutuhan yang tinggi pada masyarakat akan informasi yang dapat menunjang segala aktivitas pendidikan, penelitian, dan perkembangan kebudayaan, ekonomi, dan sosial. Pemerintah mencanangkan bulan September sebagai bulan gemar membaca dan hari kunjung perpustakaan, dan dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan yang menjadi payung hukum bagi segala aktivitas kinerja perpustakaan dan seluruh elemen pendukung kegiatannya. Perpustakaan sebagai perpanjangan tangan pemerintah yang memikul amanah besar dalam memberantas kebodohan, melakukan pencerahan, sekaligus sebagai agen perubahan.

Perpustakaan adalah tempat dimana tersedianya berbagai macam bahan penerbit yang diatur dengan suatu sistem tertentu untuk keperluan informasi ilmiah, populer dan umum. Perpustakaan sebagai sarana penyedia informasi dan pelestarian kebudayaan. Definisi umum dari perpustakaan adalah sebuah gedung yang didalamnya berisikan kumpulan buku dan materi lainnya yang disimpan. Melalui buku, seluruh hasil karya cipta, karsa, dan karya manusia dapat dilestarikan. Dari buku pula peradaban manusia berkembang. Buku sebagai salah satu media perangkat komunikasi massa yang merupakan suatu hal yang sangat penting dalam memacu minat baca masyarakat. membaca merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membaca, masyarakat dapat menemukan ide-ide baru dan mendapatkan informasi, menambah ilmu pengetahuan dan wawasannya menjadi luas.

Salah satu syarat untuk dapat masuk ke dalam masyarakat informasi kuncinya adalah adanya minat dan budaya baca yang tinggi dikalangan masyarakat. Oleh karena itu, perpustakaan dan pustakawan harus mengetahui faktor yang menjadi pendorong tumbuh dan bangkitnya minat baca. Faktor yang menjadi pendorong tumbuh dan bangkitnya minat baca ialah ketertarikan, kegemaran dan hobi baca. Pendorong tumbuhnya minat baca adalah niat, kemauan dan kemampuan membaca. Berseminya budaya baca adalah kebiasaan baca.

Fungsi perpustakaan bagi masyarakat adalah untuk memperdalam dan menelusuri berbagai ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan kebutuhan hidupnya. Penguasaan konsep dasar yang baik memudahkan masyarakat untuk mengaplikasikan ilmunya pada situasi dan kondisi yang lebih berkembang yang akhirnya masyarakat akan memiliki daya inisiatif, kreatif, sikap kritis, rasional dan obyektif. Pelayanan perpustakaan menyediakan lingkungan belajar yang menyenangkan, ditunjang oleh kelengkapan koleksi yang relevan dan petugas perpustakaan yang kompeten. Strategi pelayanan yang baik adalah pelayanan yang disesuaikan dengan situasi kebutuhan yang bersifat inovatif terhadap kelompok yang pembaca yang harus dilayani.

Promosi perpustakaan merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk memperkenalkan sesuatu hal kepada sekelompok masyarakat luas untuk menarik minat masyarakat agar mereka bisa memahami dan mendayagunakan apa yang diperkenalkan. Tujuannya untuk menarik minat baca, merangsang perhatian dan memberitahukan apa saja yang dimiliki perpustakaan terutama buku-buku dan bahan bacaan lainnya yang menjadi koleksi perpustakaan yang dapat membantu individu maupun kelompok dalam belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *