DUNIA, LITERASI DAN KITA

Minat baca seseorang mempunyai pengaruh yang besar terhadap kebiasaan membaca, kebiasaan tersebut juga berdampak positif, dengan membaca seseorang dapat memperluas pengetahuannya tentang segala hal dari buku yang dibacanya. minat membaca sangat penting untuk menganalisis sebuah bacaan yang sudah dibacanya. seseorang yang mempunyai minat baca yang tinggi mempunyai keinginan membaca dari dalam dirinya dan juga kebiasaannya. karena menurutnya membaca adahal hal yang menggembirakan. untuk itu bagaimana caranya kita menyadarkan masyarakat atau bahkan diri kita sendiri bahwa membaca itu sangat penting.

Minat baca didapatkan dari niat dan kebiasaan bukan didapatkan dari lahir secara cuma-cuma, jadi kemampuan tersebut harus dikembangkan dan dipertahankan. rendahnya minat baca sangat berpengaruh pada pendidikan, ada beberapa faktor yang berpengaruh besar terhadap minat baca yaitu dari dalam diri kita niat dan kebiasaan. sedangkan faktor dari luar diri kita yaitu pengaruh lingkungan baik lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah, ditambah adanya internet yang memudahkan seseorang untuk mencari informasi karena begitu luasnya internet, kehadiran internet yang mudah dan cepat di akses semakin menjauhkan seseorang dari dunia literatur.

faktor lainnya yaitu kemampuan membaca seseorang terutama murid sekolah dasar mereka pandai mengeja bacaan atau mungkin sudah lancar membaca tetapi tidak memahami isi dari buku yang dibacanya, padahal menumbuhkan minat baca harus diasah sejak dini, kalau seseorang tidak memahami isinya bagaimana sesorang itu tertarik dengan buku yang dibacanya, intinya membaca itu berfikir, memahami, dan menganalisis.

rendahnya minat baca seseorang juga disebabkan banyaknya game online, hiburan, tempat wisata, tayangan tv, internet yang memakan banyak waktu yang menurutnya lebih seru dibandingkan duduk berdiam diri sambil membaca buku, kebiasaan membaca tidak didapatkan dari nenek moyang kita sehingga membaca tidak dijadikan kebiasaan, kita biasa mendengar dan belajar dari dongen dan cerita yang diceritakan orang tua kita, mahalnya harga buku yang tidak sebanding dengan harga beli masyarakat juga menjadi salah satu faktor rendahnya minat baca, berkunjung keperpustakaan pun masih dianggap langka dan aneh oleh masyarakat.

peran keluarga dan masyarakat dalam mengembangkan minat baca memerlukan waktu yang lama karena membutuhkan proses untuk mengubah pandangan masyarakat, memprioritaskan buku sebagai sumber utama pengetahuan. kurangnya minat baca membawa dampak kurang baik dalam pendidikan, padahal membaca adalah merupakan kunci kesuksesan.

di dalam lingkungan keluarga orang tua berperan penting dalam hal menumbuhkan minat baca anak sedangkan disekolah peran guru adalah mengatur kegiatan membaca murid, membuat murid tertarik membaca misalnya dengan menyediakan buku berisi gambar-gambar. dengan adanya kerja sama antara guru, orang tua, diharapkan dapat membangun minat baca dikalangan siswa sekolah, karena merekalah yang akan membuat indonesia lebih baik lagi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *