Menumbuhkan Minat Baca Sedini Mungkin

TEMA : MENUMBUHKAN MINAT BACA SEDINI MUNGKIN

Seiring jaman old ke jaman now budaya  gemar membaca di Negara kita  dalam masyarakat kita memang masih rendah dan memperhatinkan karena semua kalangan sekarang berganti alih ke gadget yang lebih menarik dan juga masih tersedot  pada tradisi mendengar dan menutur, belum beralih ke masyarkat maju yang suka membaca dan menulis. Maka dengan seiring jaman kita sebagai generasi muda bisa menumbuhkan minat baca sedini mungkin agar Negara kita tidak ketertinggalan dalam hal membaca dan menulis.

Membaca sendiri memiliki arti penting bagi kita semua karena kita dapat memperoleh informasi dari sesuatu yang tertulis, semakin banyak membaca semakin banyak pula informasi yang kita dapatkan, membaca itu lebih menyenangkan dan membawa manfaat yang dapat kita rasakan.

Menumbuhkan minat baca secara singkat tidaklah semudah yang kita bayangkan  oleh karena itu  kita tanamkan semenjak dini (usia masih muda) agar sesorang tertarik dan akrab dengan buku, jika tidak dibiasakan membaca buku sejak dini akan mengalami kesulitan pada masa yang akan mendatang.

Dalam menumbuhkan minat baca dan budaya membaca kepada generasi muda kita memperlukan strategi agar kalangan tersebut mempunyai hobby, dan ketertarikan, lalu gemar dalam melakukannya supaya tidak gampang bosan. Kita sebagai generasi mudah bisa memafaatkan waktu luang , mengalokasikan waktu, dan membuat target untuk membaca. Dengan cara itulah kita bisa mengetahui keterampilan minat baca yang kita lakukan.  membaca bisa dilakukan dimana-mana contohnya dirumah, diperpustakaan,di tempat yang nyaman dan lain-lain. Kita bisa memanfaatkan perpustakaan yang sebagaiman tempat yang terdapat banyak buku dan juga bisa dipinjam. Dan tempat yang terdapat sumber informasi akurat.

Disini Keberadaan perpustakaan saat ini sangat membatu  para pengunjung karena perpustakaan adalah tempat mencari sumber informasi. Dan fungsi utama perpustakaan sebagai perantara untuk meningkatkan dan membangkitkan  minat baca generasi muda.

Sebagaimana oleh Undang-Undang NO.43 Tahun 2007 dalam pasal 3 dirumuskan bahwa “perpustakaan  berfungsi sebagai wahan pendidikan, penelitihan, pelestarian, informasi, dan untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa.

Dan disini yang paling utama adalah niat dalam membaca agar menambah meningkatkan ilmu pengetuan dan menambah wawasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *